Apa itu ICO?



Apa itu ICO?

ICO, atau Initial Coin Offering, adalah ketika startup cryptocurrency menjual sebagian koin atau tokennya kepada investor awal. Mereka yang percaya pada masa depan proyek membeli token dengan imbalan (biasanya) Bitcoin atau Ether, dan hasilnya digunakan untuk mendanai proyek cryptocurrency.

Dalam hal ini, ICO mirip dengan crowdfunding. Jika proyek menjadi sukses, token meningkat nilainya dan investor diberi imbalan atas pembelian awal mereka.

ICO berbeda dari IPO (Initial Public Offering) di pasar saham, karena IPO menjual saham perusahaan, sedangkan kebanyakan ICO tidak menjual ekuitas.

Mengapa meluncurkan ICO?
Memegang ICO memungkinkan tim untuk mempertahankan ekuitas di perusahaan sambil memberi insentif kepada masyarakat melalui token.

Keuntungan nyata dari ICO adalah bahwa ICO adalah alat pemasaran serta sumber pendanaan, karena setiap koin atau token baru ditinjau dan dianalisis oleh komunitas cryptocurrency online para pakar dan pakar. Ini berarti publisitas yang seharusnya harus dibeli.

Bagi investor, keuntungan yang signifikan adalah likuiditas. Token memiliki harga segera setelah dijual dan dapat dijual di pasar crypto global. Ini sangat berbeda dari ekuitas, karena dapat membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk ekuitas investasi benih menjadi likuid saat keluar.

Bagaimana cara meluncurkan ICO?
Pada hari-hari awal peluncuran ICO, rincian Penawaran Koin Awal akan dituangkan dalam forum Bitcointalk , di mana tim akan mempresentasikan whitepaper, konsep dan rencana aksi mereka kepada komunitas crypto yang masih kecil.

Hari ini, startup crypto telah bergerak melampaui forum dan biasanya diluncurkan dengan situs web mereka sendiri, lengkap dengan paket video, grafik, dan penjualan yang kuat. Mereka membangun kehadiran media sosial di berbagai platform dalam bulan-bulan menjelang ICO, melakukan wawancara, dan umumnya mencoba menghasilkan panas sebanyak mungkin.

Untuk pengguna non-teknis, tindakan meluncurkan ICO tidak pernah semudah ini. Beberapa proyek blockchain seperti Ethereum, Waves, EOS, dan NEO semuanya dirancang untuk memudahkan untuk meluncurkan token langsung di blockchain mereka.

Mereka yang merasa tidak nyaman berinteraksi dengan platform seperti Ethereum dapat melakukan outsourcing pekerjaan ke platform ICO. Beberapa layanan muncul secara online yang menangani proses pembuatan token untuk Anda, membuat Anda berkonsentrasi pada aspek-aspek lain dari proyek, termasuk pemasaran ICO .

Tahapan ICO
ICO sering dibagi menjadi beberapa tahap, dengan masing-masing menawarkan struktur bonus yang berbeda untuk investor. Sebelum persembahan koin ditayangkan, 'pra-ICO' dapat diadakan yang terdiri dari dua tahap utama: presale pribadi dan presale publik.

Presale pribadi
Biasanya ditujukan untuk investor institusional, babak pra-ICO ini bersifat pribadi dan tanpa pemberitahuan, dan memberikan investor volume tinggi kesempatan untuk masuk lebih awal. Koin yang dijual selama fase ini seringkali setengah dari harga yang akan mereka dapatkan di tahap selanjutnya karena tujuannya adalah untuk menarik pemain besar ke proyek. Jumlah investasi minimum dapat diberlakukan yang dapat mencapai lima atau enam angka.

Biasanya ada jumlah maksimum yang dapat dijual selama presale pribadi, yang dikenal sebagai topi keras. Hard cap adalah batas atas jumlah koin yang dapat dijual, dan begitu hard cap tercapai, tim bergerak ke tahap pra-ICO berikutnya.

Presale publik
Selama presale publik, token terus dijual dengan harga diskon, tetapi kali ini penjualan bersifat publik dan rata-rata investor dapat terlibat. Presale publik masih dapat datang dengan jumlah pembelian minimum, seringkali berjumlah ribuan dolar.

Seperti halnya presale pribadi, setelah tutup keras yang ditentukan tercapai, penjualan beralih ke fase berikutnya.

Penawaran Koin Awal
Ini adalah saat sebagian besar penjualan token sedang berlangsung dan biasanya berlangsung tiga puluh hari dari awal hingga selesai. Jika tutup yang keras sudah ada dan koin dalam permintaan tinggi, penjualan bisa berakhir dalam hitungan menit. Beberapa ICO juga telah diluncurkan tanpa tutup keras dan hanya berjalan untuk jangka waktu yang lama (lihat EOS).

Biasanya tidak ada jumlah pembelian minimum di tempat, dan investor bebas untuk mengambil token sebanyak yang mereka suka.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.